Berkunjung ke Tokyo, Turis Muslim Bisa Tunaikan Salat di Musholla Shibuya

Rabu, 01 Januari 2020 - 11:08 WIB
Berkunjung ke Tokyo, Turis Muslim Bisa Tunaikan Salat di Musholla Shibuya
Berkunjung ke Tokyo, Turis Muslim Bisa Tunaikan Salat di Musholla Shibuya
A A A
TOKYO - Memasuki musim liburan, banyak masyarakat Tanah Air yang memanfaatkannya untuk berkunjung ke sejumlah destinasi wisata, baik di dalam maupun di luar negeri. Dan liburan ke Jepang menjadi salah satu pilihan traveler Indonesia. Berkunjung ke Negeri Sakura memang menyenangkan, namun juga menjadi tantang tersendiri, terutama bagi wisatawan Muslim.

Sebagaimana diketahui, Islam merupakan minoritas kecil di Jepang, sehingga dibutuhkan sedikit kerja keras untuk mencari tempat beribadah, dan juga makanan halal. Memang Pemerintah Jepang sudah menyiapkan sejumlah fasilitas buat wisatawan Muslim, akan tetapi bukan berarti Anda dengan mudah menemui masjid atau musala sebagaimana di Indonesia.

(Baca juga: Smartfren Tawarkan Paket International Roaming di Jepang )

Jika Anda kebetulan berada di salah satu jantung kota Tokyo, yakni kawasan Shibuya, Anda bisa mengunjungi Masjid Tokyo Camii atau Musholla Shibuya untuk melaksanakan ibadah atau salat. Apabila posisi Anda berada di pusat kota, maka lokasi terdekat adalah Musholla Shibuya.

Anda cukup berjalan kaki sekitar 5 menit dari Stasiun Shibuya ke Musholla Shibuya, yang terletak di sebuah apartemen di Noa Building, Room 1107, Dogenzaka, Shibuya. Untuk mencari lokasinya, Anda dapat memanfaatkan bantuan aplikasi Google Maps dengan mengetik Musholla Shibuya.

(Baca juga: Masjid Al-Ikhlas, Masjid di Tengah Kawasan Lampu Merah Tokyo )

"Tempatnya ada di Gedung Noa Dogenzaka, kalau sudah sampai di gedung ini langsung aja naik ke lantai 11, dan cari ruang nomor 7," ungkap pemandu wisata, Dwi Andi Listiawan kepada SINDOnews saat kegiatan Smartfren International Roaming - Japan Experience di Jepang, belum lama ini.

Meskipun begitu, Anda jangan membayangkan musala yang hadir sejak 2003 itu seperti musala atau tempat yang salat seperti di Indonesia. Pasalnya, dengan menempati aprtemen yang tidak begitu besar, Musholla Shibuya hanya menampung sekitar 20 jamaah. Di sini juga belum ada pemisah antara jamaah wanita dan pria. Namun, yang terpenting, Anda masih bisa melaksanakan salat secara berjamaah di sini.

Musholla-Shibuya-01

Guna mendirikan sebuah masjid yang lebih luas dan bisa menampung jamaah lebih banyak di Shibuya, Andi pun mengungkapkan bahwa hingga saat ini masih dibuka penggalangan dana. Sejak April 2017, sudah terbentuk Panitia Shibuya Mosque Project yang berasal dari berbagai negara. Dan informasi lebih detail mengenai pengumpulan dana ini bisa diakses melalui shibuyamosque.com.

(Baca juga: Jalan-Jalan ke Jepang, Jangan Lewatkan Tempat-Tempat Wisata Keren Ini )

Apabila Gotemba Premium Outlets menjadi salah satu tujuan wisata, Anda juga bisa menemui musala untuk melaksanakan salat. Pusat perbelanjaan barang-barang merek premium di Gotemba, Shizuoka, Jepang, itu menyediakan tempat beribadah yang cukup nyaman, dan juga terdapat pemisah antara jamaah pria dengan wanita.

Sedangkan untuk makanan selama di Jepang, Anda tidak perlu khawatir. Karena sudah terdapat cukup banyak tempat makan di Jepang yang memberikan petunjuk apakah makanan itu mengandung babi atau tidak. Jika Anda ke restoran yakiniku, di atas tumpukan daging akan terdapat gambar ikon babi jika daging itu adalah daging babi, namun bila terdapat gambar ikon ayam atau sapi, maka daging tersebut adalah daging ayam atau sapi. Dan kini juga tidak sedikit rumah makan "Muslim friendly" yang dapat dijumpai di Negeri Samurai tersebut.

Sementara itu, agar internet Anda tetap on selama berlibur di Jepang maupun di 14 negara Asia Pacific lainnya, Anda bisa memanfaatkan layanan internet roaming Smartfren. "Paket international roaming kami hadirkan agar para pelanggan kami tetap terkoneksi dan dapat berkomunikasi selama berada di luar negeri. Setelah tahun lalu kami hadir di Singapura dan Malaysia. Kali ini kami hadir di lebih banyak yaitu di (total) 15 negara yang berada di kawasan Asia Pasifik," ujar Chief Brand Officer Smartfren, Roberto Saputra.

Ke-15 negara/kawasan luar negeri itu, antara lain Singapura, Malaysia, Australia, Bangladesh, Brunei Darussalam, China, Filipina, Hong Kong, India, Jepang, Makau, Korea Selatan, Selandia Baru, Taiwan, dan Thailand.

"Di Jepang, Smartfren menyediakan layanan international roaming seharga Rp150.000 dengan benefit kuota internet sebesar 2GB yang berlaku selama 7 hari. Di negara ini, Smartfren bekerjasama dengan salah satu operator yaitu NTT Docomo," terang Dept. Head International Roaming Smartfren, Aya Sofia Arakhmah.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3647 seconds (0.1#10.140)